Skip to content

Apakah kita Mushlihun atau Mufsidun?

10 May 2016

Dalam benak setiap muslim selalu muncul pertanyaan: apakah dengan begini, akan membuat dunia ini lebih baik? Apakah dengan tindakanku ini justru akan membuat kerusakan di dunia?

Pertanyaan ini tidak muncul begitu saja. Ini muncul dari pergulatan pemikiran dan spiritual. Ini terinspirasi dari firman Allah di Al-Baqarah ayah 11-12. Apakah engkau seorang sholeh/ mushlihun (pembuat kebaikan), ataukan mufsidun (pembuat kerusakan di muka bumi)? Sungguh banyak sekali orang yang merasa mereka adalah mushlihin, padahal mereka mufsidun. Maka itu berhati hatilah.

Ini pulalah yang diungkapan Sayyid Qutb dalam ‘Ma’alim fii Thariq’ (Petunjuk Jalan), yang kesimpulannya¬†setiap Muslim itu hidupnya mencontoh perjuangan Rasulullah dalam mengubah jaman jahil menjadi peradaban Muslim yang maju. Dari kegelapan menuju terang. Dari keburukan menjadi kebaikan. Itulah intinya Jihad! Perbaikan!

Oleh karena itu kita harus waspada dalam setiap perbuatan kita, baik dalam bermasyarakat, dalam bekerja, dalam apapun. Munculkanlah pertanyaan di atas. Apakah tindakan kita ini akan membuat dunia ini menjadi lebih baik?

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: