Skip to content

Kembalilah ke masyarakat

8 May 2015

Kita telah memahami konsep Rabbani dalam QS 3:79 dalam kajian sebelumnya yaitu orang yang senantiasa mengajar dan mempelajari Kitab. Dampaknya ialah dalam tindakannya ia selalu berlandaskan pada dalil yg ia dapatkan dari Kitab yang mana ia lakukan, sampaikan dan sebarkan. Ini adalah elemen penting dalam pembentukan seorang Muslim sejati yaitu yang berorientasi pada dakwah.

Selanjutnya mari kita simak:
Al-Baqarah : 151

كَمَآ أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِّنكُمْ يَتْلُوا عَلَيْكُمْ ءَايٰتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُم مَّا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ

Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.

Allah mengutus Rasul ‘minkum’ di antara kalian, dari kalian. Walaupun kita bukanlah Rasul, tapi kita selaku kader dakwah yang membawa panji Rasul, kita adalah wakil beliau. Selayaknya kita tetap membumi dan menjadi bagian masyarakat, sebagaimana arti yang muncul dari kata ‘minkum’.

Dimana tugasnya adalah: 
1. ‘yatluu alaykum aayatina’, membacakan ayat ayat Allah, al quran. Memperkenalkan, mengajak mencintai, dst.
2. menyucikan kalian ‘yazakkiikum’, membersihkan masyarakat dari penyakit sosial.
3. ‘Yuallimukumul-kitaab wal-hikmah’, mengajarkan kitab dan hikmah, baik dari Quran, hadits Rasul, kisah sahabat, yang membangkitkan kesadaran keislaman.
4. ‘Yuallimukum ma lam ta’lamun’ mengajarkan apa yang kalian tidak ketahui, supaya mereka mengetahui. Supaya berilmu, dan menjadi masyarakat yang maju dan bermanfaat.

Semua itu tidak akan mungkin apabila kita tidak ‘minkum’ atau menjadi bagian yang aktif di masyarakat. Rasulullah, jauh sebelum menerima wahyu, sudah dikenal dengan sebutan ‘al-amin’ dan sangat terpandang. Ini menunjukkan aktifnya ia secara positif di masyarakat kota mekkah pada waktu itu.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: