Skip to content

Resensi Buku: Animal Farm (George Orwell)

1 November 2012

Animal FarmAnimal Farm by George Orwell
My rating: 5 of 5 stars

Para Animal melakukan pemberontakan di Pertanian Jones. Jones berhasil diusir dan jadilah Animal Farm, satu-satunya pertanian yang dikelola sendiri oleh para hewan. Hewan yang paling cerdas di antara mereka, para babi, menjadi pemimpinnya. Yang paling menonjol adalah Napoleon dan Snowball. Awalnya keberadaan mereka berdua bersama menjadi penyeimbang dalam suatu demokrasi sejati. Namun kekuasaan sungguh memabukkan, perbedaan tidak lagi dapat ditoleransi. Demokrasi yang adil dan partisipatif lambat laun menjadi kekuasaan otoriter dimana sang pemimpin seorang adalah yang paling benar. Tidak bisa ada dua, salah satu harus disingkirkan… dengan kekerasan.

Kenapa Babi? Kenapa Anjing? Kenapa Kuda? Karakter-karakter yang sederhana, bukan berarti dipikirkan secara sederhana. Kepekaan Orwell terlihat di sini, dan pemilihan-pemilihan tipe-tipe hewan tersebut tentunya merupakan simbol yang spot-on. Babi identik dengan licik dan serakah, anjing kekerasan/agresivitas, kuda kekuatan/kerja keras. Genius!

Sebuah cerita tidak perlu panjang untuk menjadi mahakarya, seperti ditunjukkan Orwell di novella ini. Pendek, padat, berisi! Kalau jeli anda bisa menemukan e-book gratisnya (dan legal tentunya) di internet.

View all my reviews

Advertisements
One Comment leave one →
  1. 3 June 2014 7:33 pm

    Saya jual novel Animal Farm karya George Orwell edisi bahasa Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: