Skip to content

Resensi Buku: 1984 (George Orwell)

21 September 2012

19841984 by George Orwell
My rating: 4 of 5 stars

Di negeri itu, Oceania tahun 1984, para anggota partai dilarang jatuh cinta, atau bahkan emosi lain, seperti marah atau sedih. Cinta dan dedikasi hanyalah untuk inner party, untuk Big Brother. Tapi dia berkenalan dengan Diane dan saling suka, mereka pun menjalin hubungan cinta.

Bersama Diane, Winston makin terbawa untuk memberontak, apalagi ia berkenalan dengan anggota lain yang sepertinya sevisi dengannya. Aksi pembelotan ini tentunya dimulai dengan gerakan sembunyi-sembunyi. Apakah ia akan berhasil?

Dunia yang diciptakan Orwell adalah fiksi, namun terasa nyata dengan aturan2 dan norma sosial yang membuat kita terkadang meringis dan tersenyum satir. Dunia ini adalah contoh ekstrim dari permasalahan dunia nyata yang kita hadapi, sebuah kritik terhadap pemerintahan komunis yang totaliter.

Ekspektasi saya sangat besar ketika memulai membaca buku 1984 ini, yang saya download free di planetebook. Bagaimana nggak, buku ini masuk dalam banyak daftar buku terbaik sepanjang masa. Dan ternyata benar, tidak rugi membaca novel ini karena kandungannya yang dalam bahkan sangat kompleks, namun diramu oleh cara bertutur khas Orwell yang sederhana namun menghanyutkan.

View all my reviews

Advertisements
4 Comments leave one →
  1. Indra permalink
    2 January 2013 6:23 pm

    kok saya cari di list gramedia gak ada ya?? belum diterjemahkan y?

  2. 3 January 2013 1:50 pm

    Di toko buku memang saya juga belum pernah menemukan. Tapi kalau kita google ada dua buku ‘1984’ versi Bahasa Indonesia, yang pertama terbitan Bentang Budaya (2003), yang satu lagi lebih tua terbitan W. Van Hoeve (1953).

  3. Indra permalink
    3 January 2013 2:42 pm

    Bentang Budaya sudah diakuisisi mizan kalo ga salah..pernah baca buku war and peace leo tolstoy?

  4. 3 January 2013 3:08 pm

    Iya benar, tahun 2004 Bentang diambilalih Mizan. ‘War and Peace’ pernah baca tapi nggak sampai selesai (panjang banget hehe), lanjut malah nonton filmnya (pemerannya Audrey Hepburn).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: